Sekilas Tentang Prodi Teknologi Rekayasa Komputer

Program Studi Teknologi Rekayasa Komputer merupakan salah satu Program Studi di bawah Jurusan Teknologi Pertanian Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh. Yang merupakan program sarjana terapan (D4), yang menyelenggarakan pendidikan jalur vokasional di bidang Rekayasa.

Program studi Teknologi Rekayasa Komputer memiliki tujuan mencetak tenaga ahli dalam bidang Teknologi Informatik, terampil dan professional bidang Teknologi Rekayasa. Pembelajaran diarahkan mampu merancang/merekayasa komputer, menganalisis kerusakan, perbaikan serta pemeliharaan pada software/hardware, sistem keamanan dan jaringan. Salah satu poin khusus program studi TRK adalah lulusan diharapkan mampu membuat/menciptakan produk unggul TRK yang mampu meningkatkan pengetahuan IPTEK khususnya yang bergerak dalam bidang pertanian untuk menunjang perkembangan teknologi di lini pertanian, diterima masyarakat dan mampu membuka peluang usaha serta berwirausaha (technopreneur).

VISI DAN MISI

Visi

Menjadi program studi Teknologi Rekayasa Komputer memiliki daya saing tingkat nasional, mengabdi kepada kepentingan dan kemakmuran bangsa pada tahun 2025.

Misi

Program Studi Teknologi Rekayasa Komputer sebagai bagian dari Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh, memiliki Misi :

  1. Menghasilkan tenaga ahli dan profesional di bidang Teknologi Rekayasa Komputer yang kompeten secara intelektual dan tanggung jawab sosial dalam memenuhi kebutuhan keahlian komputer di bidang pertanian, sistem kontrol, kecerdasan buatan dan pengembang perangkat lunak.
  2. Mengembangkan potensi peserta didik melalui kegiatan kemahasiswaan.
  3. Mengembangkan ilmu dan teknologi melalui penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk Teknologi Rekayasa Komputer yang mampu menjangkau bidang multi keilmuan yang bergerak dalam keahlian komputer di bidang pertanian, sistem kontrol, kecerdasan buatan dan pengembang perangkat lunak.

Prospek Lulusan

No. Profil Profesi
1. Software Engineer Mampu   mengembangkan   aplikasi   perangkat lunak,   konsultasi   perangkat   lunak,   membuat perangkat   lunak,   dan   melakukan   pengujian untuk memverifikasi fungsionalitas perangkat lunak.
2. Konsultan Teknologi Informasi Mampu merancang sistem TI pada suatu organisasi; mampu berkomunikasi aktif dan lancar menggunakan bahasa asing (Inggris); mampu berkomunikasi aktif dan menulis ilmiah menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar.

Menguasai konsep jaringan komputer; mampu merancang, memilih, mengkonfigurasi, serta membangun infrastruktur komunikasi/jaringan; mampu mengelola pengguna, lalulintas data, dan keamanan jaringan; memahami teknik telekomunikasi dan teknologi nirkabel.

3. Perekayasa Komputer & Embedded System (Computer/Embedded System Engineer/Firmware Engineer) Profil lulusan ini memiliki kemampuan untuk menerapkan prinsip rekayasa termasuk didalamnya merencanakan, mendesain, mengimplementasikan, menganalisis, memelihara dan mendokumentasikan sistem komputer dengan sumber daya terbatas, bertujuan khusus (special purpose) dan bekerja pada lingkungan real-time.  Profil lulusan ini dibekali juga dengan pemahaman terkait dengan sistem kritis (fault tolerant system) untuk meningkatkan kehandalan dari sistem yang dibangun.
4. Perekayasa Perangkat Cerdas dan Otomasi (Robotics, Smart System & Automation Engineer) Profil lulusan ini memiliki kemampuan untuk menerapkan prinsip rekayasa termasuk di dalamnya merencanakan, mendesain, mengimplementasikan, menganalisis, memelihara dan mendokumentasikan sistem pervasive dan ubiquitous yang dapat melakukan akuisisi environmental data melalui sensor, melakukan pemrosesan dengan sumber daya terbatas, dan mengirimkan data melalui antarmuka komunikasi dan protokol IoT.

Memiliki kemampuan untuk melakukan integrasi bidang ilmu teknik komputer dan penerapan algoritma kecerdasan buatan untuk menyelesaikan permasalahan. Profil ini dilengkapi dengan kemampuan dalam melakukan akuisisi data melalui sensor, pengenalan sinyal, suara, atau citra untuk dapat diproses melalui algoritma kecerdasan buatan dan melakukan proses otomasi.